40+ Game Strategi Offline Berbagai Platform Paling Seru

Penggemar game dengan genre strategi rasanya tidak pernah habis. Bagaimana tidak? Genre yang satu ini tidak sekadar menjadi hiburan, tetapi juga menguji kepandaian para pemainnya. Hingga saat ini, ada banyak sekali game strategi offline yang bisa banget kamu cobain.

Tantangan yang disajikan oleh game strategi yang seru membuat para pemain tidak bisa bermain dengan sembarangan demi mencapai kemenangan. Tentunya, akan ada kepuasan besar apabila pemain berhasil melewati misi yang sulit. Itu artinya, strategi yang ia gunakan dapat dikatakan ampuh.

Meski demikian, tak bisa dimungkiri banyak orang yang butuh adaptasi lebih lama untuk menyukai genre game yang satu ini. Pasalnya, genre seperti first person shooter dan aksi masih lebih sering digandrungi. Tetap saja, penggemar genre strategi rasanya kian hari kian bertambah, meski biasanya genre ini bukan untuk pemula.

Itulah sebabnya kamu bisa menemukan banyak sekali artikel di internet yang merekomendasikan berbagai game strategi offline bagus. Kelebihan dari game strategi offline yakni kamu tidak memerlukan koneksi internet sehingga bisa melatih kemampuanmu menyusun strategi kapan saja dan di mana saja kamu mau.

Terlebih ada banyak rekomendasi game strategi offline baik yang lawas maupun baru. Dinamika yang ditawarkan oleh genre game yang satu ini memang menjadi keunggulan, membuat game strategi tak akan lekang oleh zaman.

Baca juga: Cara Download Game di Steam Cepat dan Mudah

Rasanya pun kamu tidak perlu ragu untuk mencoba genre ini. Meski nampak sulit di permukaan, pastinya sudah ada tutorial di dalam game yang akan mengajarkanmu dasar-dasarnya. Tentu saja, tutorial yang disuguhkan sudah dirancang agar pemain bakal cepat mengerti. Sisanya tinggal gimana kamu pintar-pintar dalam bermain.

Daftar Isi

Mengenal Game Strategi Offline

Sesuai namanya, genre strategi menekankan pada penggunaan taktik tertentu supaya para pemain dapat menyelesaikan misi. Game strategi offline membuatmu bebas untuk bermain kapan saja dan di mana saja tanpa perlu adanya koneksi internet.

Apabila orang-orang mendengar istilah game strategi, barangkali yang akan langsung terpikirkan pertama ialah subgenre real time strategy atau RTS. Kamu bisa menemukan banyak sekali RTS offline Android, PC, dan konsol game lainnya.

Dalam subgenre ini, pemain harus menyusun taktik dengan cepat karena musuh akan terus-menerus melakukan pergerakan. Tentunya, selain cepat kamu juga harus cermat.

Hal ini berbeda dengan genre turn based strategy, di mana kamu tidak dituntut untuk cepat bergerak karena baik kamu dan musuh sudah mendapatkan jatah giliran atau turn masing-masing. Meski demikian, saat kamu memperoleh giliran, gunakanlah kesempatan sebaik mungkin untuk meminimalisir keuntungan pada giliran musuh.

Sejak dulu, game strategi sering hadir di PC. Dengan demikian, apabila kamu searching di internet dengan kata kunci semacam “strategy games offline for PC”, kamu akan dihadapkan dengan banyak sekali pilihan. Meski demikian, genre yang satu ini juga sering hadir di konsol seperti Nintendo dan Playstation, serta ponsel.

Daftar Game Strategi Offline Android

Nah, sekarang saatnya kita masuk ke daftar game strategi offline yang kami rekomendasikan. Kita mulai dengan game strategi offline terbaik di Android.

1. Plague Inc.

game-strategi-offline-Plague-Inc

Game strategi offline yang satu ini memang berbeda dibanding yang lain. Kalau biasanya kamu menyusun strategi untuk mengalahkan musuh tertentu, Plague Inc. mengharuskanmu menyusun strategi untuk menyebarkan wabah sebesar-besarnya.

Dengan demikian, pada game yang pantas masuk jajaran game RTS terbaik Android ini, lawanmu adalah umat manusia itu sendiri. Mereka akan berusaha terus-menerus mempertahankan diri dari virus yang akan kamu sebarkan. Dapatkah kamu menembus pertahanan mereka dan menyebabkan kekacauan?

2. The Rebel Inc.

game-strategi-offline-the-rebel-inc.

Dikembangkan oleh perusahaan yang sama dengan Plague Inc., The Rebel Inc. juga punya konsep yang mirip. Bedanya, dalam game strategi offline yang satu ini kamu adalah seorang pemimpin yang harus menghentikan kelompok pemberontak.

Sembari itu, kamu juga harus mengontrol aspek perekonomian dan kepercayaan masyarakat terhadapmu. AI yang diprogram pun juga “cerdas” dan akan menantangmu dalam menyelesaikan game. Pokoknya, RTS Android offline yang satu ini wajib banget kamu mainkan.

3. Bio Inc. dan Bio Inc. Redemption

game-strategi-offline-Bio-Inc.

Bio Inc. mengambil tema medis, di mana kamu berperan sebagai penyebar penyakit mematikan kepada pasien. Tugasmu ialah menciptakan penyakit seganas mungkin, dan lawanmu adalah para dokter yang senantiasa berusaha membuat obatnya.

game-strategi-offline-Bio-Inc.-redemption

Secara keseluruhan, Bio Inc. cocok menjadi salah satu game strategi offline gabut karena gameplaynya yang sederhana tetapi menantang. Jika kamu belum puas dengan Bio Inc. maka kamu bisa memainkan sekuelnya berjudul Bio Inc. Redemption.

4. Megapolis: City Building Sim

game-strategi-offline-Megapolis-City-Building-Sim

Tak bisa dimungkiri, genre strategi memang lebih popular di kalangan lelaki, bisa jadi karena temanya yang sebagian besar tentang peperangan. Meski demikian, kalau kamu cari game strategi offline seru untuk perempuan, Megapolis: City Building Sim adalah jawabannya.

Di sini tidak ada peperangan, sehingga unsur strategi terletak pada bagaimana kamu bisa membangun kota yang makmur dengan infrastruktur lengkap. Mulai dari industri, transportasi, fasilitas kesehatan, dan sebagainya bisa kamu bangun di sini.

Nah, cocok banget nih buat kamu yang suka banget sama tata kota. Meski tadi kami menyebut game ini seru untuk perempuan, tidak ada salahnya para lelaki juga ikut mencoba! Toh game ini tidak mengenal jenis kelamin dan usia.

5. Redsun RTS Premium

game-strategi-offline-Redsun-RTS-Premium

Rekomendasi game strategi offline Android selanjutnya ini bisa kamu dapatkan baik secara gratis maupun dengan membayar Rp11.000,00. Dalam versi berbayar, kamu tidak akan menemui iklan dan bisa bermain sebagai pihak Uni Soviet.

Game RTS yang satu ini berkonsep peperangan modern, sehingga kamu akan menemukan banyak teknologi perang masa kini. Nantinya kamu bisa bermain sebagai pihak dari berbagai negara. Meski tampilannya 2D klasik, kamu tetap dapat merasakan kompleksitas yang bikin terus memutar otak.

Mendapatkan banyak ulasan positif, tak heran jika orang menganggap Redsun sebagai “One of the best strategy games offline for Android”.

6. Grow Empire: Rome

game-strategi-offline-Grow-Empire-Rome

Kamu lagi cari game strategi mirip CoC tapi offline? Coba deh Grow Empire: Rome ini! Di sini, kamu adalah penguasa yang harus mempertahankan dan memperluas wilayah kekuasaan negaramu. Untuk mencapainya, kamu harus melakukan upgrade prajurit, menaklukkan kawasan musuh, dan menghabisi para barbarian.

Selain tampilannya yang lucu, Grow Empire: Rome juga memiliki mekanisme yang cukup kompleks dan seru. Secara keseluruhan, kamu tidak akan dibuat menyesal mencoba game RTS kerajaan Android offline yang satu ini.

7. Stick War: Legacy

game-strategi-offline-Stick-War-Legacy

Pernahkah kamu mendengar atau memainkan game Stick War offline yang satu ini? Kalau belum, baca dulu ringkasan tentang game ini sekarang!

Stick War: Legacy menampilkan para stickman dalam game yang taktis. Kamu bisa membuat pasukan yang terdiri dari pemanah, ahli pedang, penyihir, dan ahli tombak.

Hal yang membuat Stick War: Legacy cocok masuk di jajaran game strategi offline Android terbaik ialah kayanya mode yang disajikan, stage yang melimpah, serta tantangan yang bikin kamu harus terus berkonsentrasi.

Baca juga: Cara Mudah Download Game ETS2 Android, Gratis!

Daftar Game Strategi Offline PC

Seperti yang kita tahu, game strategi untuk PC ada banyak banget. Itulah sebabnya artikel ini nggak bisa dibilang valid kalau belum memasukkan daftar game strategi untuk PC yang tak memerlukan koneksi internet.

8. Seri Stronghold

game-strategi-offline-Stronghold-Warlords-Firefly-Studios

Barangkali, seri ini adalah salah satu yang paling legenda di antara kalangan gamers, khususnya yang gemar strategi. Seri yang dikembangkan oleh Firefly Studios ini keluar pertama kali di tahun 2001.

Secara umum, kamu menjadi seorang penguasa kerajaan yang terus-menerus melakukan ekspansi wilayah. Untuk mencapainya, kamu harus melakukan berbagai hal layaknya penguasa sungguhan.

Membangun benteng kuat, memberdayakan pasukan dengan beragam peran, memikirkan formasi, mengatur infrastruktur penting, pengawasan roda ekonomi dan persediaan pangan, dan lain-lain adalah tugas wajibmu untuk menjadi penguasa paling kuat dan paling disegani.

Seri RTS offline yang satu ini memiliki beragam misi dan peta unik yang membuat otakmu senantiasa dipacu untuk menyusun strategi jitu agar musuh tunduk padamu. Meskipun pada dasarnya offline, terdapat juga mode multiplayer yang memungkinkanmu bermain secara online dengan orang lain.

Hingga judul terbarunya Stronghold: Warlords, Firefly Studios telah melahirkan sebanyak 9 seri. Mau coba yang mana dulu, nih?

9. Seri Civilization

game-strategi-offline-civilization-6
image from https://www.yasir252.com

Nama besar lainnya apabila kamu ingin download game perang strategi PC, pastinya kamu sudah nggak asing dengan nama Civilization. Berbeda dengan Stronghold yang bersifat real time, seri Civilization adalah turn based.

Di sini, kamu adalah penguasa yang harus membangun peradaban kuat. Kamu dapat mengelola pajak, infrastruktur, militer, pemerintahan, dan eksplorasi wilayah baru. Kamu juga dapat berdiplomasi dengan peradaban lain di dalam game.

Dari diplomasi ini, mereka bisa jadi entah kawan, entah lawan. Kalau jadi lawan, maka bersiaplah untuk bertempur! Sejak rilis judul pertamanya di tahun 1991, Civilization telah menelurkan 6 seri utama, didampingi oleh berbagai expansion pack dan spin-off.

10. SD Gundam G Generation Cross Rays

game-strategi-offline-SD-Gundam-G-Generation-Cross-Rays

Buat kamu yang nggak asing dengan anime Gundam, pasti kenal dengan game yang satu ini. Yap, inilah entry game strategi perang terbaru dari seri SD Gundam G Generation yang sudah ada sejak dulu.

Kamu dapat menggerakkan berbagai unit mobile suit dan warship ke dalam pertempuran turn based. Perkuat level setiap unitmu agar bisa mengalahkan musuh terkuat.

Game 3D strategi offline yang satu ini memiliki grafis yang halus dan memanjakan mata, serta efek-efek visual yang fantastis dibandingkan judul-judul sebelumnya.

11. Seri Age of Empires

game-strategi-offline-Seri-Age-of-Empires
image from https://live.staticflickr.com

Nama Age of Empires tak kalah besarnya dengan Stronghold dan Civilization apabila kita ngomongin tentang game strategi RTS offline. Serupa dengan seri Stronghold, Age of Empires juga memiliki konsep membangun kerajaan beserta segudang infrastruktur dan pasukan militernya.

Latar waktu dari seri game RTS PC terbaik yang satu ini bisa dibilang lebih variatif dari Stronghold, mulai sejak zaman batu (Stone Age) sampai era modern awal saat bangsa Eropa masih mengkolonisasi Amerika.

Hingga game terbarunya Age of Empires IV yang rilis pada 28 Oktober 2021 lalu, Ensemble Studios selaku pengembang telah menciptakan sebanyak total 9 judul, yang mana termasuk spin-off. Dalam setiap judul, rata-rata kamu bisa mendapatkan expansion pack yang berisi cerita dan map tambahan.

12. Seri Total War

game-strategi-offline-Seri-Total-War
image from https://www.trustedreviews.com

Kalau kamu cari game strategi offline mirip Age of Empires dan Stronghold, maka judul seri RTS perang yang satu ini merupakan pilihan yang pas. Total War bisa dibilang sebagai salah satu game strategi offline jadul yang mana judul pertamanya rilis pada tahun 2000 dengan nama Shogun: Total War.

Kamu akan dibawa merasakan zaman perang di berbagai wilayah, mulai dari era keshogunan Jepang, abad pertengahan Eropa, abad ke-18 Eropa, Yunani kuno, Republic Roma, hingga dunia fantasi di seri Total War: Warhammer pertama hingga ketiga.

Hingga rilisan terbarunya Total War: Warhammer III yang rilis Februari 2022 kemarin, seri ini telah menelurkan sebanyak 15 game utama dan 6 game spin-off.

13. Seri SimCity

game-strategi-offline-Seri-SimCity
image from https://live.staticflickr.com

Setelah kami menyebutkan Megapolis di atas untuk Android, sekarang ada seri SimCity untuk PC. Tentunya kamu sudah pernah mendengar atau bahkan mencoba game yang satu ini, bukan?

Game strategi offline PC jadul ini mulanya dirilis pada 1989 untuk konsol NES (Nintendo Entertainment System). Judul-judul selanjutnya dirilis mayoritas untuk PC.

Kamu bertindak sebagai walikota yang harus membangun infrastruktur, kebutuhan dasar masyarakat, layanan publik, serta mengatur pajak yang menjadi sumber penghasilan utamamu.

Kamu juga bisa bernegosiasi dengan kota tetangga perihal kerja sama ekonomi, infrastruktur, dan lain-lain. Menarik, bukan? Katanya Mantan Walikota Surabaya Bu Risma hobi main game strategi offline yang satu ini, lho!

Daftar Game Strategi Offline Platform Playstation

Barangkali, banyak di antara kamu yang suka dengan platform Playstation. Nah, kami akan menghadirkan daftar game strategi offline untuk platform yang satu ini.

14. Fullmetal Alchemist: Yakusoku no Hi e

game-strategi-offline-Fullmetal-Alchemist-Yakusoku-no-Hi-e
image from https://cdromance.com

Pernahkah kamu menonton, atau minimal mendengar anime dengan judul Fullmetal Alchemist Brotherhood? Jika iya, tahukah kamu bahwa anime ini diadaptasi ke dalam bentuk game strategi turn based?

Dirilis untuk konsol PSP, Fullmetal Alchemist: Yakusoku no Hi e menceritakan kembali kejadian-kejadian yang ada di anime Fullmetal Alchemist Brotherhood dari awal hingga akhir.

Game strategi offline yang satu ini bersifat turn based RPG, di mana kamu dapat menaikkan level karakter, mendapat uang, dan item. Dalam arena pertarungan, kamu akan menemukan banyak benda-benda yang menjadi penghalang dan kotak harta karun.

Dengan misi-misi yang menantang dan grafis yang bagus untuk standar game anime PSP, tidak berlebihan jika judul ini masuk dalam game strategi offline enak untuk mengisi waktu luang sembari mengasah otak. Namun perlu kamu ingat bahwa game ini hanya dirilis dalam Bahasa Jepang, ya!

15. FF Tactics: War of the Lions

game-strategi-offline-FF-Tactics-War-of-the-Lions
image from https://assets-prd.ignimgs.com

Judul ini awalnya rilisan 1997 untuk konsol PS1 dengan judul Final Fantasy Tactics. Lantas, Square Enix pun membuat versi upgrade-nya untuk PSP dengan judul The War of the Lions.

Pantas masuk jajaran game strategi terbaik, game ini mengisahkan tentang 2 kerajaan bertetangga yang sedang terlibat peperangan. Dengan tema politik yang berat untuk ukuran game fantasi serta ditulis dengan apik, tak heran apabila game strategi offline berbasis RPG yang satu ini mendapat banyak pujian.

Versi The War of the Lions menambahkan fitur multiplayer, beberapa karakter baru yang bisa dimainkan, cutscenes, serta peningkatan grafis. Penasaran dengan isi game ini? Yuk langsung cobain sendiri!

16. Dynasty Tactics

game-strategi-offline-Dynasty-Tactics
image from https://gamebrott.com

Tahukah kamu bahwa game Dynasty Warriors yang popular dengan genre hack and slash-nya, ternyata memiliki judul yang mengusung genre strategi, lho! Yap, namanya Dynasty Tactics yang dirilis untuk PS2.

Dalam game offline strategi perang kerajaan yang berbasis turn based ini, kamu akan mengontrol satu pasukan, bukan hanya perseorangan layaknya Dynasty Warriors biasa.

Gameplay pun dipenuhi dengan berbagai adegan, misal saat pasukan melancarkan serangan terhadap musuh. Hal ini menghadirkan nuansa perang yang terasa “nyata”.

17. Dynasty Tactics 2

game-strategi-offline-Dynasty-Tactics-2
image from https://upload.wikimedia.org

Belum puas dengan Dynasty Tactics? Koei selaku pengembang pun merilis Dynasty Tactics 2 yang bisa dimainkan juga di PS2. Secara keseluruhan, Dynasty Tactics 2 memiliki gameplay yang mirip dengan pendahulunya.

Tentu saja, game strategi offline yang satu ini memiliki konten yang lebih banyak dari pendahulunya. Jadi, kamu punya lebih banyak kesempatan untuk menjalankan berbagai hal di sini.

18. Ragnarok Tactics

game-strategi-offline-Ragnarok-Tactics
image from https://uopss.com

Ragnarok Tactics adalah spin-off game Ragnarok Online. Meski demikian, game yang satu ini bisa kamu mainkan secara penuh dalam mode offline. Formulanya pun mirip dengan seri Final Fantasy Tactics, di mana kamu harus menggerakkan party untuk mengalahkan sekelompok musuh.

Map yang ada pun rata-rata lebih luas dibandingkan Final Fantasy Tactics. Di sekitar map akan tersebar beberapa kotak harta karun berisi item berharga. Kamu bisa memilih jenis kelamin karakter utamamu, kelas, kustomisasi tampilan serta suara, dan nama.

Selama perjalanan pun kamu bisa memilih rute cerita, membuat game strategi perang kerajaan offline ini bersifat multi ending dan dapat kamu replay berkali-kali.

19. Honorable Mention: Final Fantasy Type-0

game-strategi-offline-Final-Fantasy-Type-0
image from https://image.api.playstation.com

Oke, Final Fantasy Type-0 memang lebih condong ke genre aksi RPG. Namun demikian, game yang bisa kamu mainkan di PSP dan PC ini memiliki elemen RTS juga.

Elemen RTS-nya pun hampir mirip dengan RTS pada umumnya. Kamu bertugas mengarahkan pasukan kawan menghadapi pasukan lawan di medan perang bermodel peta overworld.

Nantinya, kamu harus menguasai kota-kota tertentu sebagai syarat kemenangan bagi pasukanmu Berhati-hatilah dengan monster dan unit mesin dari musuh, sebab biasanya merekalah unit terkuat yang bisa menumpas pasukanmu dengan cepat.

Daftar Game Strategi Offline Platform Nintendo

Setelah game strategi yang hadir di platform Playstation, sekarang kami tampilkan yang dirilis untuk konsol Nintendo.

20. Final Fantasy Tactics Advance

game-strategi-offline-Final-Fantasy-Tactics-Advance
image from https://upload.wikimedia.org

Jika kamu penggemar game Game Boy Advance dan seri Final Fantasy, rasanya nama Final Fantasy Tactics Advance sudah tidak asing buat kamu. Di sini, kamu bakal disuguhkan dengan jalan cerita yang cenderung sederhana tapi menarik untuk diikuti.

Tokoh utamamu tiba-tiba pindah di dunia lain dan bertemu dengan berbagai makhluk aneh. Nantinya ia akan membentuk party dan bertarung melawan party-party lainnya di dunia tersebut, sembari menemukan misteri di balik kepindahannya ke dunia lain.

Game strategi RPG offline yang satu ini memiliki berbagai kelas unik untuk setiap karakter, dengan parameter dan move yang unik. Dalam pertarungan, ada peraturan yang harus kamu patuhi agar tidak mendapat hukuman. Secara keseluruhan, Final Fantasy Tactics Advance sangat worth it untuk kamu rasakan petualangannya.

21. FF Tactics A2: Grimoire of the Rift

game-strategi-offline-FF-Tactics-A2-Grimoire-of-the-Rift
image from https://dl.kaskus.id

Final Fantasy Tactics Advance juga memiliki sekuel untuk konsol Nintendo DS. Grimoire of the Rift pada dasarnya memiliki premis yang serupa dengan pendahulunya, yakni tokoh utama yang pindah ke dunia lain secara tidak sengaja, lalu bertemu dengan sebuah party untuk melawan monster dan party lainnya.

Mayoritas mekanisme dari pendahulunya dibawa kembali di sekuel ini. Salah satu hal baru yakni bertambahnya jumlah ras dunia lain yang sebelumnya 5 menjadi 7 ras.

Secara umum, game strategi offline yang satu ini mendapat ulasan positif. Banyak yang memuji kepadatan konten yang lebih banyak dari game sebelumnya. Meski demikian, terdapat kritik terhadap nuansa cerita yang terlalu “ringan” dibandingkan pendahulunya.

22. Devil Survivor Overclocked

game-strategi-offline-Devil-Survivor-Overclocked
image from https://community.citra-emu.org

Devil Survivor adalah salah satu spin-off seri RPG Shin Megami Tensei yang dirilis untuk Nintendo DS. Lalu game ini diupgrade ke versi 3DS dengan judul Devil Survivor Overclocked. Di versi ini, konten lebih banyak dan cerita sedikit lebih panjang, sehingga kami merekomendasikan untuk mainkan saja versi yang ini.

Genrenya adalah turn based tactical RPG, di mana kamu menggerakkan sekelompok karakter untuk menyelesaikan misi.

Tiap karakter dibekali dengan beberapa demon yang digunakan untuk bertarung. Game ini bercerita tentang seorang tokoh utama dan teman-temannya yang dikenalkan dengan sebuah aplikasi digital. Ternyata, aplikasi tersebut tidak biasa karena bisa mengundang demon.

23. Shin Megami Tensei: Devil Survivor 2

game-strategi-offline-Shin-Megami-Tensei-Devil-Survivor-2
image from https://upload.wikimedia.org

Game strategi seru yang satu ini adalah sekuel dari pendahulunya, dengan tema yang mirip yakni sebuah aplikasi digital yang bisa mengundang demon untuk bertarung.

Bercerita tentang sang tokoh utama dan teman-temannya yang bermain aplikasi yang konon bisa meramal kematian. Tak disangka, aplikasi tersebut menampilkan bahwa ia dan temannya akan mengalami kecelakaan di stasiun yang menyebabkan kematian.

Benar saja, mereka pun meninggal, tetapi secara misterius maskot dari aplikasi tersebut menanyakan apakah mereka masih ingin hidup. Tokoh utamamu beserta teman-temannya pun akan hidup lagi, dan kali ini dibekali dengan kemampuan memanggil para demon.

Game Strategi Offline iOS Eksklusif

Terdapat salah satu game offline yang pernah penulis mainkan dan bagi penulis cocok banget untuk kamu coba juga:

24. The War of Eustrath

game-strategi-offline-The-War-of-Eustrath
image from https://i.ytimg.com

Game taktik offline yang satu ini juga bergenre RPG di mana kamu menggerakkan berbagai karakter yang mengendarai unit robot bernama GEAR. Selama cerita, kamu akan terus menaikkan level tiap karakter dan dapat meng-upgrade GEAR mereka masing-masing.

Setiap memasuki segmen battle, game strategi offline ini mirip dengan seri SD Gundam G Generation, di mana setiap ada unit yang berkesempatan menyerang unit lainnya akan terlebih dahulu ditampilkan persentase keberhasilan serangan, teknik yang bisa digunakan, skill-skill tambahan, dan tombol untuk tindakan bertahan.

Untuk gameplay sendiri lebih mirip dengan mayoritas seri Super Robot Wars, di mana kamu tidak bisa mengulangi stage sehingga harus jalan terus sesuai alur cerita. Hal ini membuatmu harus lebih selektif dalam menaikkan level karakter dan upgrade GEAR, apalagi musuhmu bakalan makin kuat seiring mendekati akhir cerita.

Nah, daripada kamu penasaran dengan gameplay dan ceritanya, mending langsung coba sendiri, deh, strategy game offline iOS yang satu ini!

Game Strategi Zombie Offline yang Santai

Jika kamu merasa bosan dengan game offline strategi perang kerajaan atau hal-hal berbau konflik berat lainnya, maka dua game strategi berkonsep tower defense dan zombie di bawah ini cocok banget untuk kamu mainkan. Pastinya kamu sudah tidak asing lagi, nih, sama judul di bawah ini.

25. Plants vs. Zombies

game-strategi-offline-Plants-vs-Zombies
image from https://play.google.com

Nampaknya hampir mustahil apabila kamu belum pernah mendengar nama Plants vs. Zombies. Nyatanya, game ini sampai sekarang masih asyik untuk kamu tamatkan.

Mengisahkan seseorang bernama Crazy Dave yang melindungi rumahnya dari serangan zombie pemakan otak dengan menggunakan berbagai macam tanaman unik.

Mulai dari bunga matahari yang bisa memproduksi cahaya matahari, venus flytrap yang makan zombie, sampai kentang yang meledak saat diinjak bisa ditemukan di game ini.

26. Plants vs. Zombies 2

game-strategi-offline-Plants-vs-Zombies-2
image from https://play.google.com

Belum puas sama Plants vs. Zombies? Kamu bisa coba game keduanya! Di sini, tema utamanya yakni parallel universe dan tanaman akan jauh lebih banyak. Tentu saja pasukan zombienya bakal lebih “aneh-aneh” serta kocak.

Dengan konten yang jauh lebih banyak dan grafis yang ditingkatkan, tak heran apabila kamu bakal dibikin betah dengan game strategi offline santai yang satu ini.

Daftar Bonus: Game Strategi Offline Berbasis Turn Based RPG

Untuk menutup artikel tentang game strategi offline kali ini, kami akan membagikan daftar bonus berupa rekomendasi beberapa nama game dengan genre turn based RPG.

Umumnya, bentuk pertarungan dalam elemen ini yakni tindakan seperti menyerang, menggunakan item, buff, debuff, heal, defend, atau switch karakter yang dilakukan bergantian antara pemain dan musuh.

Hal yang membuat turn based RPG ini memiliki karakteristik strategi, pastinya karena setiap tindakan yang kamu lakukan saat mendapat giliran (turn) umumnya bakal menentukan hasil akhir dari pertarungan, khususnya apabila musuhmu sangat kuat. Jadi, kamu tidak bisa sembarangan mengambil tindakan.

27. Shin Megami Tensei Series

game-strategi-offline-Shin-Megami-Tensei-Series
image from https://gamebrott.com/

Jika kamu menyukai game turn based RPG Jepang, pastinya kamu sudah tidak asing dengan nama Shin Megami Tensei. Dikembangkan oleh Atlus dan beberapa pengembang lainnya, game yang satu ini dirilis pertama kali untuk Famicom pada 1987.

Rata-rata tema cerita yang diangkat oleh seri ini ialah fantasi, misteri, horor, supranatural, dan thriller. Tenang saja karena isinya nggak bakal bikin sampe jantungan, kok! Namun elemen menegangkannya tetap bakal kamu dapetin.

Shin Megami Tensei juga terkenal memasukkan elemen “demon” yang dapat menjadi musuh ataupun kawan pemain dalam bertarung. Demon ini rata-rata diambil dari makhluk mitologi, folklore, dan entitas kepercayaan tertentu seperti dewa dan dewi.

Untuk tingkat kesulitan sendiri, dapat dikatakan SMT termasuk “menengah ke atas”. Dengan demikian, mungkin butuh kesabaran hingga kamu bisa menguasainya.

28. Persona Series

game-strategi-offline-Persona-Series
image from https://freegametips.com/

Persona dapat dikatakan sebagai spin-off paling populer dari Shin Megami Tensei, yang seri pertamanya rilis tahun 1997 untuk PS1. Hingga saat ini, Persona telah mengeluarkan 5 seri utama, dengan berbagai extended version, remake, dan judul spin-off yang genrenya berbeda dari judul utama.

Dalam seri ini, “persona” sendiri mirip seperti “demon” yang biasa muncul di Shin Megami Tensei, hanya berbeda dari segi nama. Banyak juga “demon” dari Shin Megami Tensei yang muncul di Persona.

Dari segi cerita, Persona juga menyajikan alur yang tidak kalah “bizarre” dengan Shin Megami Tensei. Hanya saja, menurut penulis pribadi, alur cerita Persona secara umum terasa lebih “friendly” dan pada beberapa judul sedikit lebih “cerah” dari Shin Megami Tensei.

Terdapat 5 judul utama dari seri game strategi offline yang satu ini yang terdapat di berbagai platform, antara lain:

  1. Revelations: Persona (di-remake untuk versi PSP dengan judul “Persona” saja)
  2. Persona 2 Innocent Sin dan Persona 2 Eternal Punishment
  3. Persona 3, P3P, dan Persona 3 FES
  4. Persona 4 dan Persona 4 Golden
  5. Persona 5 dan Persona 5 Royal

29. Mayoritas Judul Utama Seri Final Fantasy

Di atas tadi kamu sudah melihat beberapa nama Final Fantasy yang kami sebutkan. Akan tetapi, pastinya kamu paham dong, ya, bahwa Final Fantasy sejak dulu terkenal akan genre turn based RPG-nya.

Square Enix sebagai pencipta Final Fantasy pun senantiasa menghadirkan hal baru di setiap seri, sehingga cenderung membuatmu takkan pernah bosan meski formula dasarnya sama.

Mayoritas judul utama Final Fantasy memiliki formula turn based RPG klasik, kecuali game urutan 11,12,14, dan 15. Beberapa judul spin-off seperti seri Final Fantasy Legend pun juga memiliki genre turn based.

30. Pokemon Series

game-strategi-offline-Pokemon-Series
image from https://play.nintendo.com/

Siapa yang tidak kenal Pokemon? Seri yang satu ini terkenal dengan petualangan menangkap dan mengevolusi beragam monster mulai dari yang penampilannya imut sampai mengintimidasi. Tidak hanya itu, elemen pertarungan turn based di sini juga menjadi aspek wajib.

Sebenarnya, jika kamu sekadar menamatkan cerita, kamu tidak perlu risau memikirkan strategi tingkat tinggi, karena mayoritas Pokemon liar dan musuh trainer bisa kamu habisi dengan terus menyerang. Lain cerita dengan post game atau kompetisi online di mana komposisi move dan partymu benar-benar menentukan.

Hingga saat ini, game strategi ringan berbasis turn based RPG dan petualangan yang satu ini sudah mencapai generasi kedelapan dan sebentar lagi akan rilis generasi kesembilan. Setiap generasi umumnya terdiri dari paket region, kumpulan Pokemon, tokoh utama, fitur, dan musuh baru.

Seluruh game Pokemon dengan formula turn based RPG klasiknya rilis eksklusif untuk konsol-konsol Nintendo saja. Beberapa yang tidak menggunakan formula tersebut, seperti Pokemon Go dan Pokemon Unite, dirilis untuk ponsel.

31. Digimon Story Cyber Sleuth dan Hacker’s Memory

game-strategi-offline-Digimon-Story-Cyber-Sleuth-dan-Hackers-Memory
image from https://www.rpgsite.net/

Meskipun juga dikenal banyak orang layaknya Pokemon, seri game Digimon sendiri harus diakui tidak mendapatkan popularitas yang menandingi Pokemon. Namun demikian, ada satu game yang membuat orang-orang mulai melirik kembali nama seri monster ini, yakni Digimon Story Cyber Sleuth.

Game strategi offline berbasis turn based RPG yang satu ini memang worth it banget untuk kamu cobain. Si tokoh utama adalah seorang pengguna media metaverse yang tiba-tiba akunnya corrupt akibat dimakan monster aneh. Nantinya, kamu menjadi detektif siber yang berkeliling dunia cyber untuk memecahkan kasus.

Kamu juga bisa mengumpulkan dan mengevolusikan berbagai Digimon. Battle-nya sendiri bisa dikatakan lebih sulit daripada Pokemon, malah orang-orang bilang style-nya mirip dengan seri Shin Megami Tensei.

Selain Cyber Sleuth, kamu pun dapat memainkan companion title-nya yang berjudul Hacker’s Memory, yang berlatar waktu sama dengan judul utama. Hanya saja, tokoh utama, alur cerita, dan sebagian lokasi yang bisa dikunjungi berbeda, serta ada penambahan banyak Digimon baru.

32. Game Ciptaan Kemco

game-strategi-offline-Game-Ciptaan-Kemco
image from https://play.google.com/

Apabila kamu penggemar RPG Jepang di ponsel, mungkin kamu sudah tidak asing dengan nama Kemco. Pengembang yang satu ini memang rajin menelurkan game turn based RPG.

Rata-rata game Kemco memiliki mekanisme pertarungan dan grafis yang hampir serupa satu sama lain, yakni mengendalikan satu party dalam tampilan 2D. Meski demikian, ada beberapa judul yang hadir dalam 3D atau memiliki mekanisme pertarungan yang lebih inovatif.

game-strategi-offline-Game-Ciptaan-Kemco-gratis
image from https://play.google.com/

Banyak game Kemco yang membuatmu harus merogoh saku, tapi banyak pula pilihan game strategi offline gratis yang bisa kamu nikmati di sini. Kamu juga bisa mengubah tingkat kesulitan permainan setiap saat di menu pengaturan. Semakin sulit maka semakin banyak EXP, item langka, dan uang yang didapat.

Untuk permulaan, kami rekomendasikan bermain di tingkat kesulitan normal dulu saja. Apabila level dan equipment karaktermu sudah kuat, barulah coba yang lebih sulit.

Game Strategi Ukuran Kecil

Rata-rata, game strategi punya ukuran besar. Hal ini wajar karena melimpahnya konten yang ada. Namun tenang saja karena kamu tetap bisa menemukan game strategi offline dengan ukuran yang bersahabat.

1. Game Strategi Offline Android Ukuran Kecil

Pertama kita mulai dari beberapa judul game strategi offline size kecil untuk Android. Kami akan mendaftarkan 8 judul.

  1. Tower Crush (ukuran unduh: 39 MB)
  2. World War Defense (ukuran unduh: 46 MB)
  3. Strategy Legion – Turn Based Strategy & Tactics (ukuran unduh: 11 MB)
  4. Age of Conquest IV (ukuran unduh: 29 MB)
  5. Age of Strategy (ukuran unduh: 32 MB)
  6. Age of Galaxy (ukuran unduh: 25 MB)
  7. Griblers (ukuran unduh: 38 MB)
  8. Throne Offline (ukuran unduh: 81 MB)

2. Game Strategi Offline PC Ukuran Kecil

Selanjutnya, apabila kamu mencari game strategi offline ukuran kecil untuk PC, maka kamu bisa unduh judul spesifik pada daftar di bawah ini.

  1. Warcraft 1, 2, dan 3 versi klasik
  2. Star Wars: Empire at War
  3. Loop Hero
  4. Starcraft 1 dan 2
  5. Darkest Dungeon
  6. FTL: Faster Than Light
  7. Into the Breach
  8. This War is Mine
  9. Battle Brothers
  10. The Banner Saga

Manfaat Bermain Game Strategi Offline

Secara umum, bermain game punya banyak manfaat baik yang kamu sadari maupun tidak. Kalau ngomongin game strategi yang pada dasarnya udah bikin mikir, pasti kamu langsung terpikirkan manfaat yakni meningkatkan kemampuan berpikir taktis.

Namun, coba, yuk, kita break down lagi apa saja manfaat dari bermain game strategi offline. Di bawah ini sudah kami rinci menjadi 7 manfaat.

1. Membantu Kemampuan Decision Making

Setiap tindakan yang kamu lakukan di game strategi akan menentukan hasil. Seringkali, salah langkah berakibat pada kegagalan misi atau melewatkan hal-hal penting yang sesungguhnya bisa kamu ambil.

Nah, kebiasaan berpikir dan memutuskan langkah saat bermain game strategi jelas akan membantumu dalam mengembangkan kemampuan decision making. Pastinya hal ini berguna pas kamu memutuskan hal rumit di kehidupan nyata, kan?

2. Bijak dalam Mengatur Pendapatan dan Pengeluaran

Game strategi rata-rata memiliki uang yang bisa digunakan untuk membeli item atau bangunan dan meng-upgrade. Kamu pun harus melatih diri untuk bijak dalam mengatur pendapatan dan pengeluaran agar penggunaannya bisa tepat dan tidak merugikanmu.

3. Meningkatkan Spatial Awareness

Peta dalam game strategi biasanya memiliki terrain dan gimmick tertentu yang bisa kamu gunakan demi keuntunganmu atau bisa juga menghalangi pergerakanmu. Terkadang, objek-objek ini berada di lokasi tersembunyi sehingga kamu harus cermat.

Kepekaan terhadap objek sekitar atau bisa disebut spatial awareness juga ikut terlatih saat kamu bermain game strategi. Jadi, biar kamu semakin peka terhadap lingkungan di sekitarmu. langsung gas aja cobain berbagai rekomendasi game strategi terbaik dari kami di bawah ini, ya!

4. Sarana Belajar Sejarah dan Meningkatkan Imajinasi

Umumnya, game formasi perang offline diambil dari peradaban atau peristiwa sejarah nyata di masa lampau. Meskipun mungkin tidak 100% akurat, setidaknya game strategi semacam ini cocok banget sebagai sarana belajar sejarah.

Gimana dengan game yang latar peristiwa dan konsepnya sepenuhnya fiksi? Tak jarang cerita yang ditawarkan bikin kamu betah mengikutinya hingga akhir. Hal ini juga bisa banget meningkatkan imajinasimu. Siapa tahu suatu saat kamu juga ingin membuat game atau cerita fiksi, bukan?

5. Melatih Pengelolaan Tata Kota

Banyak game strategi offline yang mana tugas utamanya adalah membangun kota, negara, hingga peradaban besar. Tentunya, kamu nggak boleh sembarangan dalam menentukan bangunan dan infrastruktur apa yang harus dikelola.

Dengan demikian, game strategi cocok banget jadi simulasi biar kamu lebih pandai dalam hal pengelolaan tata kota. Siapa tahu bisa bermanfaat di dunia nyata, bukan?

6. Meringankan Stres

Loh, kok bisa-bisanya genre game yang mengandalkan pikiran malah bikin stres berkurang? Hal ini karena game strategi, meskipun memakan tenaga otak, tetaplah sebuah “game” yang tujuan utamanya sebagai hiburan pemain.

Terlebih, misi-misi di game strategi pada dasarnya bukan sesuatu yang apabila gagal maka selesai sudah, sehingga sesulit apapun tetap bisa kamu ulangi terus-menerus sampai berhasil.

7. Melatih Kesabaran

Nah, untuk mengantisipasi stres saat bermain game strategi offline, kuncinya adalah kesabaran. Ada dua konteks sabar di sini, pertama kamu tidak boleh terburu-buru dalam menentukan strategi, khususnya jika bermain game strategi berbasis turn based di mana kamu bisa puas-puasin menentukan langkah.

Konteks kedua yakni harus sabar apabila gagal menyelesaikan misi. Kalau lagi nggak berhasil, kamu bisa coba susun ulang gimana strategi yang efektif. Kamu juga bisa bertanya kepada orang lain atau cari tips di internet kalau benar-benar tidak bisa menemukan strategi yang ampuh.

Penutup

Tentunya, masih ada banyak banget game strategi offline di luar sana yang mungkin belum kami sebutkan di sini. Adanya pilihan yang melimpah terhadap genre yang satu ini, membuktikan banyaknya fans setia terhadap game yang bikin mikir ini. Terlebih, game strategi juga masih sering menarik pemain baru.

Mungkin, genre strategi tidak se-bombastis genre aksi, tetapi tentu saja pemain dapat senantiasa merasakan ketegangan saat bermain, serta kebanggaan apabila berhasil merampungkan misi-misi tersulit. Jadi gimana? Tertarik untuk mencoba judul-judul di atas? Atau adakah game strategi favoritmu yang belum kami sebutkan di artikel ini?

Baca juga: Cara Main Game PS1 di Android, Banyak Pilihan!

3 pemikiran pada “40+ Game Strategi Offline Berbagai Platform Paling Seru”

Tinggalkan komentar